PERSIAPAN MUSYAWARAH BESAR ( MUBES ) KENYAH UMA LASAN

Mubes Kenyah Uma Lasan adalah  merupakan perayaan suku Dayak kenyah uma lasan, mubes uma lasan akan di laksanakan di desa tanjung nanga. Terdapat beberapa rangkaian acara diantaranya adalah Balap  perahu.

Balap perahu dayung merupakan tradisi yang sering digunakan pada saat ada perayaan mubes, perahu merupakan satu-satunya  transportasi yang dimiliki suku dayak pada zaman dulu . Hingga pada saat, meskipun zaman sudah semakin modern, masyarakat suku Dayak masih menggunakan perahu sebagai bagian dari transportasi.

Oleh sebab itu pada perayaan mubes kenyah uma lasan salah satu agenda acara tersebut adalah lomba perahu, lomba balap perahu merupakan laga untuk memperlihatkan keahlian dari masing-masing kelompok. Pra syarat dari peserta lomba balap perahu adalah setiap perahu harus beranggotakan 12 orang dan mendayung dari titik start sampai titik finish. Perahu yang sampai duluan di titik finish adalah pemenang.

Masyarakat desa tanjung nanga sedang mempersiapkan perahu yang nantinya akan dipakai pada saat perayaan mubes tersebut. Masyarakat desa tanjung nanga membuat perahu dengan bergotong royong dan membuat jadwal serta pembagian tugas yang diketuai oleh pak paris selaku ketua adat di desa tanjung nanga. Jumlah perlahu yang akan dibuat adalah berjumlah 3 perahu .

Desa tanjung nanga akan mengadakan perlomabaan pada bulan juni minggu ke 4, tahun 2023,jumlah desa yang akan datang ke tanjung nanga pada bulan juni itu ada sekitar 35 desa. 

Bagikan post ini: